10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 Agustus 2024, 19:41:17

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melakukan umrah, Anda pastinya bingung apa saja hal yang wajib Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari dokumen, registrasi, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa tenang beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai visualisasi apa yang wajib Anda persiapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti tulisan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus diketahui adalah ibadah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran fisik yang prima. Oleh karena itu, jamaah umrah yang akan melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kebugaran dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, serta minum makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai merutinkan berolahraga, seperti jogging, workout ringan, atau olahraga lainnya. Dengan bekal tubuh yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Persiapan Ruhani

Selain fisik yang bugar, Anda juga wajib mempersiapkan jiwa Anda supaya dapat benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus beribadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan yang tinggi. Sebab bagi orang yang melakukan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang harus dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Dokumen yang wajib dipenuhi sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, tanda terima pemesanan hotel, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang harus diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper yang berfungsi membawa barang yang Anda bawa. Satu koper berukuran besar, sebuah tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing bisa diisi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk diisi alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa identitas, kertas tisu, pelembab, dan lainnya.

Belajar Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini terkadang terlupakan, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Sama pentingnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita wajib tau syarat sahnya, rukun-rukunnya, urut-urutannya supaya tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dihafalkan. Anda dapat mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku umrah, mencari tentang umrah, dan sharing dengan orang yang telah melaksanakan umrah.

Memilih Biro Travel Umroh Terpercaya

Ada baiknya, Anda memilih biro jasa travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca ulasan pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi umrah sehingga layanan mereka dapat Anda cermati melalui online, misalnya dengan mengunjungi website, mendapat notifikasi email dan SMS untuk progres pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan membutuhkan meminum obat-obatan khusus, Anda butuh menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat pelaksanaan umrah. Selain itu, obat yang umum misalnya P3K dan minyak urut, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Membawa Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang khusus perempuan banyak jenisnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa cadangan kain dan juga baju ganti ihram yang dibutuhkan. 

Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Ketika umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga sahabat. Supaya tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, agar Anda tidak lupa dan tidak blank saat memanjatkan doa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda persiapkan sebelum melaksanakan umrah. Bicarakan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang harus dan tidak perlu disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id